Jatuh cinta

Sepengetahuan saya  , orang kebanyakan jatuh cinta melalui dua macam cara :

  1. cinta pada pandangan pertama.
  2. cinta karena tumbuhnya perasaan.

kalau cinta pada pandangan pertama, ada yang percaya dan ada yang tidak,karena mungkin menurut sebagian orang, pandangan pertama itu bukan cinta tapi hanya sebatas rasa suka. meskipun kita tidak bisa memungkiri ,bahwa ada juga pasangan yang baru pertama kali bertemu muka, langsung saling jatuh cinta, kemudian awet sampai tua,dan dipisahkan hanya oleh maut.

nah kalau cinta yang tumbuh karena dipupuk,ini sesuai pepatah jawa : witing tresno jalaran soko kulino (cinta tumbuh karena terbiasa). dan saya pribadi kok lebih cocok dengan jenis cinta yang kedua ini ya? :P entah kenapa saya kurang percaya juga pada cinta pada pandangan pertama.

Stephen covey dalam bukunya, the 7th habits of highly effective people , menuliskan tentang cinta (kata benda/obyek) adalah hasil dari sebuah pekerjaan ,yaitu mencintai (kata kerja/verb)

ok,sejujurnya alasan saya ngebahas topik cinta2an ini gak lain karena saya mau ngebahas soal cinta kita kepada Allah.

apakah kita harus cinta pada pandangan pertama dulu kepada Allah yang maha mempesona kita dengan segala kelebihanNYA,ataukah kita harus dekat dulu dan melakukan segala pekerjaan cinta agar kita mendapatkan cinta di hati kita sendiri?

sebenarnya kedua cara tersebut sah saja,karena Allah itu maha segalanya,maka tidak sulit jika kita mengagumi dan mencintaiNYA langsung pada saat kita baru mengenalNYA,ataupun saat kita semakin mengenalNYA lebih jauh lagi.

tetapi karena Allah itu gaib,mungkin sebagian kita lupa bagaimana indahnya dan luar biasanya Allah itu,sehingga kita terlena dan terpesona pada yang lain yang lebih nyata di dunia ini.karena itu tulisan ini mengajak kita semua untuk mulai mencintai Allah dengan cara yang kedua. yaitu melakukan semua hal yang dapat menumbuhkan cinta kita kepada Allah.

Saat iman kita turun,berarti kita harus lebih sering ikut ‘training’ pengajian2 dan bergaul bersama orang soleh,baca buku2 islam,sholat lebih banyak,dan juga baca quran dan puasa lebih sering. lakukan semua hal yang dapat menambahkan cinta kita kepada Allah,jangan menunggu kita jatuh cinta dulu baru melakukan semua ini,tapi lakukan dulu perbuatannya,insya Allah cinta itu akan hadir karena kita mau melakukan hal2 yg dicintai Allah.

selanjutnya itu urusan Allah ,bukan urusan kita lagi…

karena bukankah hati itu urusan Allah? Yang maha membolak balikan hati manusia? :P

About these ads

22 Komentar

  1. Cinta kepada Allah adalah hal yang harus selalu dipupuk dan ditanamkan dalam kalbu. Caranya seperti yang sudah ditulis Didot, dengan mendekatkan diri kepadaNya. Memikirkan betapa banyak karuniaNya. Jangan takut kepada Allah karena ancaman nerakanya, tapi cinta kepada Allah karena karunia dan janji surganya …

    katanya kalo takut neraka bermental budak,kalo berharap surga bermental pedagang. jadi yg benar kayaknya cinta kita kepada Allah karena tak ada lagi yg lebih layak dicintai selainNYA,setuju gak bu tuti?

  2. Hm, kalau cinta sesama manusia pada pandangan pertama itu hanya reaksi hormonal. Bukan cinta.

    Saya akur mas dengan kalimat terakhir. Iman naik turun, hati bolak-balik, tingkatkan prestasi ibadah, berdoa, serahkan semua pada Allah. :)

    Btw, lama banget saya gak main ke sini, mas.

    masalahnya banyak yg tidak bisa membedakan reaksi hormonal dengan cinta hehehe :P

    maaf mas wahyu,saya juga belum sempat maen kesana nih :D

  3. Cinta pada pandangan pertama biasanya terjadi karena tampilan yang cantik dan biasanya berujung pada nafsu belaka. Cinta karena perasaan karena saling interaksi yang sering yang berujung pada kesukaan di antara keduanya.

    ehem,antara perasaan dan nafsu harus seimbang ya mas?? biar balance :P

  4. Aku setuju denganmu, Dot!
    Cinta itu haruslah bertumbuh
    Hingga mendekat dekat cinta Illahi.

    … cinta yang tumbuh karena dipupuk,ini sesuai pepatah jawa : witing tresno jalaran soko kulino (cinta tumbuh karena terbiasa). dan saya pribadi kok lebih cocok dengan jenis cinta yang kedua ini ya?

    Mula-mula cinta itu karena …
    Kemudian cinta itu jikalau …
    Akhirnya cinta itu walaupun …

    “Allah mencurahkan hujan dan matahari yg sama,
    Walau kepada para penghujat-Nya sekali pun.”
    Ini sasaran akhir dari cinta yg bertumbuh.

    Salam Cinta!
    mantap tambahannya ;)

    • aduuuhh, suka’ deh sama reply-an yg ini!!

    • Kutip:
      Cinta bertumbuh karena terbiasa …

      “I have found the paradox,
      that if you love until it hurts,
      there can be no more hurt,
      only more love.”

      (Mother Teresa)

  5. tolong tetap jadi teman yg mengingatkan terus ya Dot. Sering kali iman ini meluncur turun tanpa disadari, dan selalu butuh suntikan pengingat agar tidak terus turun :'(

    thx btw for this post

  6. Sekarang sudah banyak tersedia hal2/tempat yang bisa menambah kecintaan pada Allah ya, Dot…
    Pagi2 di tv sudah ada siraman rohani, taklim ada dimana-mana…
    Tinggal kitanya aja… malas atau nggak dalam memupuk cinta itu…

  7. Cinta pada Allah swt sudah seharusnya dan menjadi kewajiban bagi kita kaum muslim, dgn cara mengikuti semua perintahNYA , dan menjauhi semua laranganNYA.
    Dan, mengikuti semua syariat yg telah ditentukan.
    Akuingiiiiiiiiiiiiin sekali, bisa mencintai Sang Maha Pemberi Cinta dgn cinta yang sama yg diberikanNYA pada padaku, mampukah diri ini ????
    salam

  8. Apakah cinta itu?
    Semua orang punya definisi sendiri.
    Definisinya itu cocok pada dirinya.

    Mungkin cinta itu tak terdefinisikan.
    Cinta itu bisa aja sbg bukti percaya.
    Percaya kpd sesuatu atau seseorang.

    Bagai mana aku bisa percaya, bahwa perempuan itu Ibuku.
    Bagai mana aku harus percaya, bahwa lelaki itu adalah Bapakku.
    Ya, percaya, karena cinta mereka berlebih kpd ku maka aku tak ragu.

    Seperti itu juga lah hendaknya arah pertumbuhan cinta kita itu.
    Mencintai terlebih dahulu tentu lebih mulia dari pada yg dicintai,
    Seperti Allah telah mencintai manusia terlebih dahulu, masa kita ragu?

    Salam Damai!

    salam damai juga mas ,dan penuh cinta kasih :)

  9. Setuju…
    Saya jadi ingat lagu Tombo Ati-nya Opic
    kayaknya lagu itu sangat cocok untuk dijadikan inspirasi dalam memperdalam cinta kepada-Nya.

    Salam kangen dari Kota Daeng

    salah satu lagu favorit saya juga mas :)

  10. orang yang lagi jatuh cinta bicara soal cinta

    *kedip-kedip.*

  11. Hati-hati kepada yg suka menjatuhkan cinta.
    Jatuh cinta itu bisa niban sial lalu naik pitam.
    Jatuh cinta, ketiban sial dan naik pitam?

    Pertanyaanku:
    Apakah cinta masih perlu jatuh,
    Jika setiap yg jatuh selalu niban,
    Dan yg ketiban bisa naik pitam?

    Lucu pada istilah jatuh, naik dan ketiban.
    Geli juga jika ada naik cinta, jatuh pitam
    Lalu injek sial.

    Pada “jatuh” umumnya ada korban berantakan.
    Pada “naik” umumnya ada anugerah menjulang.
    Pada “ketiban”, umumnya dari atas. Ah! Entah lah!

    Menurutku,
    Cinta itu tidak harus jatuh,
    Cinta itu sebagusnya bangun.

    Mari membangun cinta saja.
    Pd jatuh korbannya berantakan,
    Membangun itu korbannya keren, hehe.

    “Kau tak bisa membuat aku berduka,
    Karena aku memiliki cinta!” Heehee!
    Keren, kan?

    Salam Damai!

    • Tak ada cinta yang dapat kita tolak
      Yang ada
      Kita tak bisa membalasnya.
      Kita tak mau membalasnya.

  12. ahai.. yang sedang in a relationship hehe..

  13. btw, smpeyan saat ini cinta yg mana nih bang???? :D

    • @GG
      BTW, Bang Didot apa Bang Huang?

      Kalo Bang MK saat ini sedang pada membangun cinta,
      Bukan pada menjatuhkannya lagi dan lagi dan lagi.
      Sampean?

      Ati-ati!
      Orang yg suka jatuh cinta itu gampang selingkuh.
      Dan dari selingkuh gampang menjadi dua-lingkuh.
      Kadang keterusan hingga lumpuh, jiwa raganya.

      Salam Damai!

  14. Saya ingin komentar mengenai Cinta kepada Sesama
    tepatnya … CInta kepada lawan jenis …

    Menurut saya cinta itu proses …

    Cinta pada Pandangan Pertama ?
    mmm … saya takutnya ini terkontaminasi dengan nafsu, pesona duniawi dan yang sejenisnya

    Salam saya Dot

  15. Cinta pada pandangan pertama bisa terus berjalan lancar namun juga bisa berakhir begitu saja.
    Yang penting adalah perjalanan selanjutnya…kadang jodoh itu memang perkara yang susah-susah gampang….

  16. Ada juga yang lain sebenernya, Mas Didot…
    Cinta palsu karena hawa nafsu belaka. :mrgreen:

    *itu ga pantes disebut cinta yah* :(

  17. like this! yeah.. this my inspiration


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.948 pengikut lainnya.