Sulitnya zikir masuk kedalam Qalbu

Zikir dalam hati,kalau dilakukan oleh manusia yg bertakwa sepenuhnya,biasanya segera terasa efeknya. namun kalau zikir jadi susah tembus kedalam hati,itu pasti karena ada yang membuatnya sulit masuk ke dalam hati.

dalam buku yg saya baca,kalau diibaratkan iblis sebagai anjing ,maka saat hati kita tidak ada makanan apapun yg dia sukai,hanya sekedar gertakan ringan atau suara mengusir sudah cukup membuatnya menjauh.

namun kalau dalam hati kita ada sesuatu yg diinginkannya,misalnya kalau bagi anjing ibaratnya adalah daging atau tulang yg lezat,maka gertakan atau suara2 tadi tidak akan mampu mengusirnya pergi.

Katakanlah: “jika bapa-bapa, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan Rasul-Nya dan dari berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya.” Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik. (QS 9 :24)

demikianlah ,mengapa hati kita sulit ditembus oleh zikir. itu karena ada sesuatu yg diinginkan iblis untuk mempermainkan kita seperti anak kecil. hal2 itu antara lain adalah : cinta dunia , gila hormat,tamak , dengki ,dan sombong.

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). (QS 3 :14)

Cintailah hanya Allah,bukan dunia,maka zikir akan mudah masuk kedalam qalbu. jika kita mencintai sesuatu,tentu kita akan banyak memikirkannya bukan? berapa porsi kita memikirkan Allah dalam waktu 24 jam sehari ini? apakah kita memikirkannya lebih banyak dari hal lainnya? kalau iya berarti memang kita lebih mencintaiNYA dari yg lain. kalau tidak? coba kita tanya diri kita masing2,apa yg kita cintai? apa yg kita sering pikirkan setiap hari setiap saat? apakah pekerjaan kita? keluarga? pasangan? hobi kita?

Barangsiapa mencintai sesuatu akan banyak memikirkannya

Kekasih takkan keberatan berlama2 dengan yg dicintainya,sebagaimana kita takkan keberatan berlama2 bertemu dengan sang kekasih hati. selama yg kita cintai itu bukan Allah,selama itu pula iblis punya ‘mainan’ untuk mempermainkan kita.

“Tiga hal yg barangsiapa ketiga ada pada diri niscaya dia akan mendapatkan manis iman. Hendaklah Allah dan Rasul-Nya lbh ia cintai daripada selain kedua dan hendaklah dia mencintai seseorang dan tidaklah dia mencintai melainkan krn Allah dan hendaklah dia benci utk kembali kepada kekufuran setelah Allah selamatkan dia dari kekufuran itu sebagaimana dia benci utk dilemparkan ke dlm neraka.”

About these ads

9 Komentar

  1. Betul itu Mas….!!!

  2. iya..walo sulit..tetap berusaha ya mas..

    semoga aku bisa.. :)

  3. saya pikir zikir, hikmah, pencerahan dan semua hal positif lainnya akan masuk dalm qalbu kita, seandainya kita menginginkan hal tersebut terjadi. Kita adalah apa yang kita pikirkan. :)

  4. tips-nya mudah
    Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya. (QS Al Baqarah [2] 45-46).

  5. bunda juga masih merasakan kesulitan itu ,Mas.
    namun, masih terus berusaha dan memohon pertolonganNYA.
    salam

  6. Kembali tercerahkan

  7. Jikar zikir sudah jadi kebiasaan hidup maka akan menembus hati. Saya butuh bertahun-tahun untuk bisa berzikir menembus hati.

  8. Alhamdulilah.. Kemaren maen ke Gramedia, baca buku (gak beli baca doang… hehe) tentang menghadirkan Allah dalam shalat kita. Buku itu bilang, bila susah menghadirkan Allah dalam shalat kita, maka, gunakan media untuk menghadirkannya.. Medianya bisa macam2.. Salah satu medianya adalah Orang tua (mengingat2 dosa kita kepada mereka).. maka.. dengan media tsb, tanpa terasa kehadiran Allah dalam shalat dan dzikir akan terasa. :)

    Wallahu Alam..

  9. InsyaALLAH


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • follow di twitter

    • @MoePaker sbg yang mendalami keduanya,anehnya banyak kesamaan diantara keduanya dari sisi spiritualisme. Jadi tidak bertentangan meski beda 1 day ago
    • Dapat dipastikan kalau ada yang bertanya kamu 'islam apa' atau 'yoga apa' itu pasti belum tahu sejarahnya islam atau yoga,alias awam banget 2 days ago
    • Rupanya hal yang sama juga dialami oleh yoga,awalnya hanya ada 1 jenis yoga,lalu muncullah beberapa cara memahaminya yang berbeda 2 days ago
    • Apalagi sekarang semakin jauh dari sumber ilmunya,semakin banyak lagi pemahaman2,bahkan sampai ada muncul aliran2 yg sesat macam JIL 2 days ago
    • Mulailah ada mazhab2,karena dalam memahami sebuah dalil yang sama ternyata bisa timbul berbagai interpretasi. 2 days ago
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.946 pengikut lainnya.