Hati yang ikhlas

Hati yang bersih itu mudah menangis ,tatkala membaca alquran,tatkala sendiri dalam doa.

Hati yang lapang membuat masalah sebesar apapun jadi terasa kecil.

di hati yang bersih ada Allah,karena hati yang bersih dekat pada Tuhannya.

Hati itu amat lembut.

jika hati berbicara, maka hati berbicara dengan pelan dan  lemah lembut.

Oleh karenanya jika kamu bersifat kasar ,hati itu tidak akan terdengar olehmu suara bisikannya.

Hati yang bijaksana itu rendah hati terhadap yang lain,mau mendengar dan melihat dengan sikap yang terbuka.

Buat apa kamu belajar semua kitab dan ilmu ,jika semua itu tidak menjadikanmu rendah hati?

Bukankah ilmu hakikatnya menjadikan kita semakin rendah hati?

apakah artinya ilmu tanpa amal?

apakah artinya amal tanpa ikhlas?

jadi apakah artinya ilmu tanpa ilmu ikhlas?

belajar ilmu apapun harus juga belajar ilmu ikhlas,karena segalanya milik Allah,bukan milik kita,kita hanya dipinjami sejenak,nanti semua kan diambil kembali.

Allah melihat keikhlasan kita dalam amal2 kita,bukan ilmu kita.

Dengan hati yang ikhlas tidak ada kekecewaan lagi di dunia ini,karena semuanya untuk Allah,dari Allah dan kembali kepada Allah.

About these ads

36 Komentar

  1. Seperti pada makin berilmu makin menunduk.XD

    yap,sebagaimana pernah saya tulis tentang ilmu padi ;)

  2. akan dicoba selalu untuk iikhlas, walaupun ndag gampang ya kang… :)

    insya Allah bisa,kita usaha dan minta pertolongan Allah :)

  3. Ikhlas adalah sikap batin yang paling ampuh untuk membuat hidup bahagia. Tapi untuk bisa mencapainya, sungguh bukan proses yang mudah. Ada kalanya kita harus dibenturkan dalam situasi yang membuat kita tak berdaya, baru mau belajar untuk ikhlas.

    Semoga kita semua bisa mencapainya : hidup dengan keikhlasan.

    saat kita minta sabar,kita dihadapkan dengan orang2 tidak sabar dan situasi yg membuat kita tidak sabar. saat kita minta ikhlas,maka segala yg kita sayangi akan diambil dari kita. itulah hidup,ujian untuk kita menaikkan derajat di hadapan Allah :)

  4. :) buku quantum iklas juga mengajarkanku seperti itu :)

    tks & rgds

    ya betul ,meski saya belum baca bukunya,tapi kalau judulnya ikhlas ya pasti sama intinya hehe :P

  5. Jadi keinget quotenya Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Salah satu tanda kebahagiaan dan kesuksesan adalah tatkala seorang hamba semakin bertambah ilmunya maka semakin bertambah pula sikap tawadhu’ dan kasih sayangnya. Dan semakin bertambah amalnya maka semakin meningkat pula rasa takut kepada Allah. Setiap kali bertambah usianya maka semakin berkuranglah ketamakan nafsunya. Setiap kali bertambah hartanya maka bertambahlah kedermawanan dan kemauannya untuk membantu sesama. .”

    mungkin itu kali ya mas, fase ekpektasi dari impact suatu keikhlasan :)

    mungkin begitu,intinya memang semua hanya mendekat kepada Allah,bukan untuk bangga dihadapan mahluk :)

  6. betul sob…lanjut…..TKP

    siap :)

  7. ikhlas adalah salah satu syarat diterimanya suatu amalan,….

    tul nouf :)

    • kalau amal buruk apa hrs ikhlas mbak?
      :D

      piss

      kalau itu biar ikhlas juga dapat dosa dong,tapi kalau gak jadi dilakukan kan malah berpahala :P

  8. terimakasih mas didot…
    menggapai keikhlasan memang tidak mudah…tapi terus belajar dan belajar…

    bukan tidak mungkin meskipun tidak mudah ,teruslah berusaha,jangan pernah menyerah,suatu hari akan sampai ditingkat itu jika terus usaha :)

  9. berbuat dengan ikhlas, memberi dengan ikhlas, menerima dengan ikhlas

    diambil semuanya yg kita cintai juga harus ikhlas :)

  10. Ikhlas ga ikhlas, sebenare mau g mau kita harus ikhlas,
    krn kasian hati kita bakal sakit jika ndak ikhlas..

    tp, ikhlas yg gmn dulu ya??
    mungkin akan lbh panjang.

    setuju dg mbak sunflo bhwa Ikhlas adalah salah satu dr 2 syarat diterimanya amal perbuatan baik kita oleh ALLAH.

    semua yg meski kurang ikhlas atau tidak ikhlas,tapi karena mengharapkan balasan dari Allah,baik menjauhi laranganNYA ataupun menjalankan perintahNYA (contoh sholat wajib tapi terpaksa atau rasanya berat banget) tetap dikatakan ikhlas,karena Allah tidak memaksa kita,hanya menyuruh,meskipun DIA bisa memaksa kita untuk melakukan apapun kehendakNYA :)

  11. Mari kita belajar ilmu ikhlas… (jadi ingat bulan puasa T_T )

    itu mah ilmu taqwa kali dek?? puasa maksud kamu?? :P

  12. hayuk belajar untuk ikhlas…
    kadang memang susah, tapi ternyata ikhlas mendatangkan kedamaian dan kemudahan.. :)

    ikhlas membuat hati jadi lapang,karena itu semua jadi terasa ringan. ingat semua hanya titipan aja,jadi kita gak perlu terlalu sakit saat diambil oleh pemiliknya,seperti teori tukang parkir kamu itu na :P

  13. Aduh Mas, help me, lagi pengen ngamuk-ngamuk neh… :p

    lagi dapet ya mbak?? sabar ya mbak… :)

  14. ayo rame2 kita belajar ikhlas…. :)

    mari :)

  15. Jadi keinget quotenya Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Salah satu tanda kebahagiaan dan kesuksesan adalah tatkala seorang hamba semakin bertambah ilmunya maka semakin bertambah pula sikap tawadhu’ dan kasih sayangnya. Dan semakin bertambah amalnya maka semakin meningkat pula rasa takut kepada Allah. Setiap kali bertambah usianya maka semakin berkuranglah ketamakan nafsunya. Setiap kali bertambah hartanya maka bertambahlah kedermawanan dan kemauannya untuk membantu sesama. .”
    +1

    saya juga + 1 deh :P

  16. hati yang ikhlas itu menunjukan keimanan dan ketakwaan seseorang.. dimana ia bertindak dan melakukan segala sesuatu hanya untuk Allah.. tiada yg lain.. hati yg tidak ikhlas dalam melakukan sesuatu tidak bernilai dimata Allah dan tidak mendapatkan pahala.. itulah orng yg rugiii…. :D
    “sesungguhnya seorang hamba yg menempuh jalan Allah dengan hati dan tekat bajanya dan bukan dengan fisiknya. Hakikat takwa adalah takwanya hati, bukan takwanya anggota badan.” (Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah)
    thanks dah ngingatin.. :)

    terimakasih juga tambahannya ta :)

  17. Dengan hati yang ikhlas mengajarkan kita ridha akan ketentuan Ilahi Rabbi

    inna lillahi wa inna ilaihi rojiun

  18. Ikhlas atau tidak nya kita, hanya kita dan ALLAH yang tahu
    Karena apa yang tampak oleh pandangan lahir tak sepenuhnya mencerminkan apa yang sebenarnya ada….Semoga ALLAH sentiasa memberi kita kekuatan tuk terus berusaha menjaga keihklasan di hati…

    amin ya mbak rita :)

  19. dengan hati yang ikhlas maka perasaan akan tenang, jiwa akan lapang, PLOOOONG… :D

    mantap ah,kayak permen bolong aja plongnya :P

  20. bunda ingin sekali punya hati yang ikhlas,Mas.
    ikhlas terhadap apapun.
    jadi ingat ketika ibu mertua meninggal, hati sih bilangnya ikhlas, tapi kok selalu menangis dan sedih, merasa kehilangan yg tak henti, sampai saat inipun bunda kadang masih merasa ikhlas bunda hanya baru melalui mulut, bukan hati hiks…..hiks….. :cry:
    Semoga allah swt membantuku utk selalu ikhlas,amin.
    salam

    ikhlas itu memang tempatnya di hati bunda,bibir bisa berkata lain,tapi hati tidak bisa berbohong. semoga bunda diberikan keikhlasan oleh Allah ya dalam perjalanan ke depan :)

    • sabar bunda,,,ad sbuah hadist mnyuruh qt untk tdk mnangisi org yg mninggl,kira2 bini bunyinx maaf ak sdikit lpa,jika qt mnangisi jenazah dn jenazah it brcrita tntang ap yg trjadi pd drinx saat akn mnanti ajal dn saatit niscaya qt akn mnanisi dri qt sndiri dn lpa dg jenazah trsbt,kira2 intinx gtu

  21. subhanallah emang betul sob,iklas adlh damai..
    w sdkit nyadar akn keiklasan yg w jlnie slma ini..

  22. ikhlas itu proseskan….???????

  23. izin tag ya..

  24. izin tag ya. Mksh ats ilmunya

  25. wahh, aku jadi tambah pengetahuan lagi nich…… tank’s ea…….

  26. langkah apa saja ya untuk dapat ikhlas, karena saya lagi mengalami kehilngan orang yang saya sayang, demi orng tua saya……..

  27. hanya seuntai kata tpi maknay sungguh luar biasa,tanpa ikhlas amal pun akan sia2….mari kita belajar untuk ikhlas,

  28. gmn yaaa,tuk sllu ikhlas dlm satiap waktu situasi dan kondisi,………

  29. Kalau kita tidak merasa cemburu terhadap pasangan kita..
    trz rela pasangan kita pindah k lain hati,karna kita merasa tidak lebih renda di bandingkan orang tersebut, apakah itu di sebut dengan Ihklas…???

    Benar ngk Ihklas itu terjadi Karena : sesuatu itu benar” terjadi, di saat kita terdesak, di saat kita tidak ada pilihan lain,
    Apakah itu yg d sabut Ihklas…???

  30. Adakah orang lain mengetahui orang lain itu ikhlas???…

    Suwun.

  31. Ikhlas harus ….. walaupun sakit dan terluka karena telah dibohongi dan diberikan harapan2 yg indah oleh saudara/sahabat yg kita sayangi, mungkin ini jalan yang terbaik yang telah ALLOH berikan kepada kita

  32. moga2 hatiku juga ikhlas dalam menjalani kehidupan ini…

  33. hati yang kecewa,sedih,marah dan alpa memang sukar mendapatkan keikhlasan…ya allah berikanlah kami kekuatan dan petunjuk mu dalam menjalani kehidupan di dunia yang serba mencabar ini..

  34. alhamdulilah semoga kita menjadi orang yg ikhlasss<amin yra


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.948 pengikut lainnya.