obat sedih

Saya cuma pengen nulis buat kalian ,yang mungkin sedang merasa sedih.

“Janganlah kamu sedih, sesungguhnya Allah beserta kita.”(QS 9 : 40)

adakah yg lagi sedih saat ini? sedih boleh,tapi yang penting jangan berlarut2 ya sedihnya??

saya cuma mau bilang kalau kita akan merasa cukup beruntung,seandainya saja kita tahu kalau banyak orang lain yang lebih sulit kondisinya dari kita.

Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:
Bahwa Rasulullah bersabda: Ketika seorang dari kalian memandang orang yang melebihi dirinya dalam harta dan anak, maka hendaklah ia juga memandang orang yang lebih rendah darinya, yaitu dari apa yang telah dilebihkan kepadanya. (Shahih Muslim)

makanya kita jangan terlalu fokus pada kesulitan kita sendiri. ingat kan, kita itu disuruh mencintai anak yatim ,kita disuruh menjenguk teman sakit, kita disuruh melayat orang meninggal oleh rasul. semua itu tentu ada hikmahnya kawan2 semua,antara lain agar kita selalu merasa kita itu lebih beruntung dari mereka2 ini,dan jadi tidak fokus sama diri kita yang sedang sedih.

Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Ada lima kewajiban bagi seorang muslim terhadap saudaranya yang muslim; menjawab salam, mendoakan orang yang bersin, memenuhi undangan, menjenguk orang sakit dan mengiring jenazah. (Shahih Muslim)

Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:
Dari Nabi saw. beliau bersabda: Orang yang membiayai para janda dan orang miskin itu bagaikan seorang pejuang di jalan Allah. Aku mengira beliau menambahkan: Dan bagaikan orang yang selalu menjalankan salat malam tanpa henti atau bagaikan orang yang selalu berpuasa tanpa berbuka. (Shahih Muslim)

sekedar buat ilustrasi saya punya cerita yang sedikit lucu untuk menggambarkan keadaan ini ,Ceritanya begini :

Di lingkungan istana ada larangan untuk berjualan dengan alasan kebersihan dan keasrian lingkungan. karena larangan itu maka para pedagang jarang yang berani untuk berjualan di lingkungan istana.

Tapi karena tempat itu sangat potensial untuk berjualan dikarenakan oleh ramainya orang berlalu lalang di tempat itu,maka seorang pedagang duku yang masih baru tanpa merasa bersalah menggelar dagangannya di daerah itu.

Ketika sedang asyik berjualan seorang polisi menghampirinya dan terjadilah percakapan berikut :

Polisi : Hey kamu, apakah anda tidak tahu bahwa di sekitar lingkungan istana tidak boleh berjualan,apakah kau tidak bisa membaca papan larangan itu?

Tukang Duku : wah maaf pak ,saya tidak tahu menahu mengenai hal itu,saya orang baru disini pak.

Polisi : oke,tapi tetap saja karena kau sudah melanggar aturan maka aku harus menghukummu sesuai dengan peraturan yang berlaku. Nah untuk kau ketahui hukuman untuk berjualan di lingkungan istana adalah dimasukkan 10 dari barang dagangannya ke dalam lubang anusnya.

Walaupun telah protes,si tukang duku akhirnya dengan terpaksa menjalani hukuman tersebut,karena jika melawan maka hukumannya akan lebih berat lagi.

Maka dimulailah proses hukuman tersebut., dimasukkanlah buah duku yang pertama :

1…. Ia menjerit kesakitan, 2…. Ia menjerit lagi , 3…. Demikian seterusnya..

Sampai pada jeritan ke 9 ia tertawa keras sekali…

Hahahahahaa…….

Demikian ia tertawa.. sang polisi yang masih keheranan pun bertanya ;

Polisi : hey ,mengapa engkau tertawa,apakah hukuman ini terasa lucu untukmu?

Tukang duku : ……. (sambil tak kuasa menahan tawa) , bukan pak,bukan sama sekali…

saya hanya merasa geli……..karena barusan saya melihat tukang duren lewat dibelakang bapak… :lol:

tuh kan jadi lupa sakitnya karena ngeliat orang lain sakit?? :mrgreen:

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan (QS 94 : 5 )

*tulisan lama yg direvisi kembali juga ;)

About these ads

45 Komentar

  1. ada yg ketawa?? atau udah pada tau ceritanya? tetep aja lucu kan?? :D

    • maaf pertamax dan keduax tak borong meneh :mrgreen:

      *gambar2 diambil dengan semena2 dari om google :D

      • Oyen udah nebak sejak kemaren, pasti pertamaxe di embat lagi… :(

      • hahahaha.. buat yg besok saya gak pertamax yen ,janji.

        siapa cepat dia dapat ;)

      • oyen ini ribet deh…tarung aja yu!!

      • wah mbah ojo tengkar ,ndak baek mbah hehehehe :D

        oyen kan cuma becanda mbah ;)

  2. Kayanya cerita yang terakhir itu modifikasi dari beberapa cerita ya, tapi tetap kreatif :)

  3. lia gak mau bersedih lagi .. sudah cukup…. :) dan Allah Swt Maha Tahu akan itu :)

    Online kah ?

    • kenapa harus bersedih saat Allah bersama kita?? :D

  4. saya pernah baca buku ‘La Tahzan’
    bukunya sangat bagus buat rekomendasi org yg sedang bersedih
    btw, cerita terakhir itu ada beberapa versi ya, tapi memang penuh inspirasi
    jangan cuma ngakak aja, memang ceritanya lucu, tapi pelajaran dari cerita itu jgn dilupakan
    tapi omong2, saya ngakak dulu boleh kan?
    hahahahaha… :D

    • boleh banget mas abu,selamat ngakak :lol:

      la tahzan emang bagus,saya juga punya,tapi belum sempet namatin hehehehe :P

      • maklumin aja Pak Didot, tiap malam jum’at Pak Abu emang suka ngakak tanpa sebab :p

      • eheem… wah bahaya itu atuh… ngakak harus ada sebab,karena setiap amalan ada niatnya hehehehehehe :mrgreen:

  5. Yak..dipilih..dipilih..obat sedih aseli bikinan Maha Dokter, garansi manjur 100%.. tersedia rupa2 obat sesuai resep AlQuran, cukup dioles di hati..*sales mode :D*

    • mbak wiwi cucok jadi sales obat?? *ditimpuk botol obat bekas :P

  6. Pada dasarnya, manusia itu senang melihat orang lain susah, dan susah melihat orang senang… :( :(

    • harusnya kebalik ya sop? senang liat yang senang,susah liat yang susah?? ;)

  7. Kesedihan adalah ekspresi jiwa dan itu wajar saja kita miliki. Yang akan menjadi persoalan adalah ketika kita tidak bisa mementain kesedihan, membiarkan diri kita larut di dalamnya, dan tak sanggup untuk keluar dari belenggunya. Bersyukur memang obat paling mujarab untuk itu… :)

    La takhaf wa la tahzan, innallah ma’ana, jangan takut dan sedih, sesungguhnya Allah bersama kita…

    • betul uda,yg gak boleh adalah berlarut2. bersyukur tentu aja obat paling mujarab,dengan melakukan hal2 disunahkan rasul tentunya… syukron ya da ;)

  8. Sedih tidak boleh menjadi sesuatu yang berkepanjangan. Bagaimanapun hidup harus tetap berlanjut. Dan, Allah SWT pastilah akan menolong kita melalui masa sulit itu

    • betul karena roda kehidupan terus bergulir,jadi tidak ada yg abadi,baik itu sedih maupun senang :D

  9. Oyen juga pernah sedih Pak, tapi yang paling indah adalah ketka kesedihan kita tertumpah di pangkuanNya, mengadu apapun yang ada di hati kita, bercerita apapun kegalauan kita, dan air mata tumpah di hadapanNya, karena Dia sebaik-baik pendengar

    sedih manusiawi, bahkan ketika air mata ini tertumpah, semakin membuat kita merasa “nikmatnya bisa meneteskan air mata”, yang kadang bagi seorang wanita salah satu sumber kekuatan, bukan air mata ratapan tak berkesudahan, tapi air mata karena kelembutan hati…

    Ya, la tahzan, innallahama’ana…btw, Oyen juga pernah dapet banyak hal dari training “La Tahzan” dulu ketika awal-awal buku ini launching, yg ngisi Ust. Jamil Azzaini, trainer internasional, yang banyak sekali menginspirasi hidup saya

    Jazakallah sharingnya :)

    • wah kalo itu saya setuju berat yen,menangis kepadaNYA ,itu sangat dianjurkan pastinya ;)

  10. Assalaamu’alaikum mas Didot…

    Setau saya ada 3 macam kesedihan:
    01. Kesedihan Awam; contohnya kehilangan barang, uang, motor, dsb.
    02. Kesedihan Alami; misalnya kehilangan seseorang yang kita cintai..bisa suami, istri, anak2, orang tua atau pacar.. :D
    03. Kesedihan Spiritual; sedih karena mengingat dan menyadari dosa dan kesalahan yang telah dilakukan

    Segitu dulu deh komen perdananya.. :)

    • walaikum salam laki2 biasa :D

      terimakasih atas tambahannya,insya Allah melengkapi tulisan ini dengan ilmunya mas

      sering2 komen ya biar tambah lengkap tulisannya,saya seneng yg ngelengkapin tulisan saya :D

      salam kenal mas ;)

  11. makasihh….sedang sedih :(( tapi baca ini jadi bisa narik otot pipi ke atas buat senyum :)
    (*silent reader yang akhirnya berani kumen)

    • hahaha… sudah berapa lama jadi silent reader?? jangan sedih lagi dong ya? smile :)

  12. dodot.. tau aja…
    setiap orang memang selalu punya masa2 bersedih hati. entah larena masalah yang dihadapi, ato masa lalu..

    tapi bener yang kamu tulis, bahwa ada orang lain yang mungkin lebih sedih dan susah keadaannya dari kita…
    semoga membuat kita selalu menyukuri banwa apa yang kita miliki sekarang itu jauh lebih baik. masih byk sodara kita yang diuji leih berat dari kita…

    • iya la,btw nama saya kok jadi dodot ya? apakah salah ketik?? :D

      hmmmm keliatannya tidak ya?? 8O

  13. Tulisan mas Didot membawa ketenangan :)

    • terimakasih, cukup di DPR dan pengadilan aja yg rusuh mas,disini harap tenang hehehehe :D

  14. Ketika saya bahagia, saya bersyukur. Ketika saya sedih, saya malah lebih bersyukur karena itu artinya saya di ingatkan terus terhadap Allah.. Ada kekuatan yang maha hebat di , di mana kekuatan itu tempat sandara bagi doa-doa para manusia yang ikhlas..Allah maha mebolak-balikkan hati manusia…senang atau sedih adalah ujian agar iman kita semakin kokoh dari sifat sombong atau kufur…
    Saya selalu meyakini kalo sesungguhnya hidup itu untuk bersyukur :)

    • bersyukur adalah kuncinya kebahagiaan,dengan bersyukur tak ada yg patut kita sedihkan

      karena tidak ada yg abadi kan ? bukan begitu gan ? sedih hanya sementara, senang pun pasti berakhir bukan?? :D

  15. Karunia NYA itu banyak dan tidak terhingga …

    So … buat apa kita sedih berkepanjangan …

    sayang-sayang waktu kita bukan ???

    • buat apa susah ,buat apa susah,susah itu tak ada gunanya *nyanyi2 lagu waktu kecil :D

  16. la tahzan akhi
    la tahzan ukhti
    la tahzan
    lalalalala
    salalalalal :)

    • mas achoey ini bisa nyanyi juga ya?? :P

      syalalalalalala :mrgreen:

  17. Sedih kalau ditinggalkanNYA…Rugi soalnya kalau sedih berlarut karena ditinggalkannya… begitu kan ya mas ? :)

    • kebanyakan kita yg pergi meninggalkanNYA,Beliau selalu ingin dekat,tapi kita yg menutup dengan maksiat dan dosa.

      buat apa sedih? Allah selalu memberikan yg terbaik buat kita toh? kita tinggal tawakal deh :D

  18. smoga bisa membawa kita kembali ceria,,,
    betul??? Okelah klo begitu…

    salam,,, :mrgreen:

  19. mampir pertama disini…
    salam kenal.

  20. Hahaha,,,saya jdi tertawa sendiri… Padahal sebelumnya saya sedih,,sedikit hilang sedih d hati saya…

  21. :) ,,,,, thankz Ɣǻª!!!

  22. Assalamu’alaikum mas did0t ,,, salam kenal ,,,

    Saya cuma mau numpang ketawa ” :-D hahahaaa ” tadinya suasanya hati saya lg kurang baik ,,, tp stelah tida sengaja baca artikel ini ,,, saya jadi bisa sdkit tertawa ,,,

    Hee , trimakasih


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.949 pengikut lainnya.